Article Detail

Menuju Era Baru Society 5.0

 

Teaching Mastery Framework adalah kumpulan kompetensi.yang harus dimiliki seorang guru untuk bisa mengajar secara efektif. Efektifitas pengajaran di ukur sistem response siswa selama proses pengajaran berlangsung yang bisa dikelompokkan pada 4 aspek; yaitu, Afeksi, Behavior, Engagement dan Cognition. Ke-4 aspek ini harus bisa terukur secara objective, artinya, guru harus mampu menunjukkan bukti bahwa siswa berhasil memperlihatkan kemajuan pada ke - 4 aspek tersebut.

 

Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah sebuah temuan akademis yang sangat menarik. Temuan ini merupakan sebuah ide yang berlandaskan pada keyakinan bahwa mengajar bukan hanya sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa untuk mereka menghapalnya, tetapi (lebih dari itu) merupakan proses untuk membuat siswa mampu memahami dan menggunakan pemahamannya guna memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran, bahkan membuat mereka mampu melahirkan ide-ide atau menciptakan gagasan-gagasan termasuk temuan-temuan.

 

Disamping itu, Zulfikar Alimuddin, selaku Director of HAFECS memaparkan terkait pentingnya penguasaan TMF dan PCK agar para guru dapat lebih efektif dalam mengajar. Guru harus terus fokus mendorong transformasi pendidikan. Memperbaiki dan mengembangkan metode pembelajaran di kelas, dan mengembangkan kurikulum inovatif dengan harapan metode tersebut agar mudah diterima oleh anak didik disekolah. (diky)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment